Selasa, 31 Maret 2009

Penjualan Mobil Periode Februari Naik Tipis


JAKARTA, JUMAT — Penjualan mobil periode Pebruari lalu untuk wholesale mengalami sedikit kenaikan sebesar 6,4 persen, yaitu 33.363 unit dibandingkan bulan sebelumnya, Januari, yaitu 31.364 unit. Namun, dibandingkan periode yang sama tahun lalu, terjadi penurunan lebih besar, 12 persen Pada Februari tahun lalu, penjualan wholesale mencapai 37.916 unit.

Meski belum seluruh ATPM mengirimkan data, menurut sumber Kompas.com, data tersebut tidak terlalu berpengaruh. Data yang masuk sampai hari ini diperkirakan sudah mencapai 98 persen dan mayoritas adalah ATPM dari merek Jepang.

Unuk retail atau yang terdaftar, yaitu langsung ke konsumen, kendati turun dibandingkan Januari, tetapi lebih besar dari wholesale. Februari lalu penjualan retail menjadi 35.388 unit atau turun 2,8 persen dibandingkan bulan sebelumnya yang mencapai 36.428 unit. Dibandingkan dengan retail pada periode yang sama tahun lalu, 44.906 unit, terjadi penurunan 21 persen.

Kondisi tersebut menggambarkan bahwa selama dua bulan pertama 2009, ATPM berusaha mengurangi produksi dan stok. Diperkirakan juga terjadi pergeseran penjualan dari kendaraan yang lebih mahal yang relatif terjangkau harganya. Pasalnya, menjelang akhir tahun dan awal tahun ini, harga dinaikkan oleh ATPM atau produsennya. Penyebab utamanya, rendahnya apresiasi rupiah terhadap dollar Amerika Serikat.
Toyota #1. Toyota masih menempati posisi pertama dalam penjuaan wholesale dan retail. Wholesale Toyota pada Februari turun, tetapi retail-nya naik dari 13.551 unit menjadi 13.839 unit. Posisi kedua masih dipertahankan oleh Daihatsu yang terus mengalami kenaikan penjualan baik wholesale maupun retail. Malah untuk wholesale presentasi Daihatsu terbesar, mencapai 48,3 persen. Sedangkan retail-nya naik dari 5.002 unit menjadi 5.116 unit atau 2,3 persen.

Posisi ketiga kembali direbut Mitsubishi yang mengalami kenaikan penjualan wholesale dari 3.727 unit menjadi 4.723 unit atau 26,7 persen. Meski begitu, untuk retail Mitsubishi mengalami penurunan dari 5.675 unit menjadi 4.913 unit.

Menarik, selama Januari penjualan Mitsubishi secara retail jauh lebih tinggi pada Januari. Dengan ini pula, untuk retail posisi Mitsubishi pada peringkat ke-3 di bawah Toyota dan Daihatsu. Selama Januari, Mitsubishi mengurangi produksi dan stok secara besar-besaran.

Posisi keempat adalah Suzuki yang mengalami penurunan penjualan cukup berarti selama Februari, yaitu dari 4.276 unit menjadi 3.001 atau turun 29,7 persen. Untuk retail, Suzuki juga mengalami penurunan dari 4.290 menjadi 3.831 unit.
Merek

Wholesale

Retail



Jan ‘09


Peb ‘09

%+/-


Jan ‘09


Peb ‘9

%+/-
Daihatsu

4.391

6.512

+48,3

5.002

5.116

+ 2,3
Honda

2.039

2.353

+15

2.618

2.606

-0,4
Isuzu

1.199

1.269

+5,8

1.040

1.036

-0,4
Mazda

21

53

+152

130

110

-15
Mitsubishi

3.727

4.723

+26,7

5.675

4.913

-13,4
Nissan

1.581

1.520

-3,8

1.752

1.737

-0,8
Suzuki

4.267

3.001

-29,6

4.290

3.831

-10,7
Toyota

12.498

12.032

-3,7

13.551

13.839

+2,1
Lain-lain

1.911

1.900

-0,5

2.370

2.200

-7,1
Total

31.364

33.363

+6,4%

36.428

35.388

-2,8


Related Posts by Categories

0 komentar:

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2009, Modified by FotonVideo.com

Back to TOP